C. Hijrah ke Habsyi

 Penindasan dan penyiksaan kafir Quraisy semakin keras membuat Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya untuk menyelamatkan diri .Dalam kondisi tersebut turunlah surah Az-Zumar, yang berisi perintah hijrah. Allah SWT berfirman:                 artinya: Katakanlah:" hai hamba-hambaku yang beriman. Bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang orang yang Bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (QS.Az-zumar (39) :10) 

Nabi Muhammad SAW. Memerintahkan kaum muslimin agar hijrah ke habasyah. Karena raja habasyah, Ashimmah An-Najasyi, adalah adalah seseorang raja yang adil maka bulan Rajab tahun ke-5 kenabian. Hijrahlah kelompok pertama terdiri dari 12 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Pemimpinnya Usman bin Affan, yang hijrah bersama istrinya, Sayyid ruqayyah, putri Rasulullah SAW. Dan hijrah ke ke habasyah terjadi dua kali.  ruqayah kembali bersama suaminya, Utsman bin Affan bergabung dengan kelompok hijrah kedua . kafir Quraisy khawatir akibat habasyah. Mereka takut Islam menyebar ke luar Mekah dan nantinya mereka akan mendapat Bantuan dan pertolongan dari luar Mekah. Akhirnya kafir Quraisy mengirim dua orang utusan yang cerdas yaitu Abdullah bin Abi rabi'ah dan amr bi Al Ash bin Wail As-sahmi. Mereka pun mengumpulkan hadiah-hadiah yang akan dibawa keduanya untuk An-Najasyi.. Mereka ingin merusak hubungan baik antara An-Najasyi dan orang-orang yang hijrah.

Dua orang utusan kaum Quraisy pergi ke habasyah mereka menyerahkan hadiahnya kepada raja habasyah. Habasyah mereka meminta raja agar mengembalikan kepada orang-orang yang meninggalkan agama mereka. Raja habasyah menolaknya dan sikapnya bahwa semua yang ada di tempatnya akan berada di dalam perlindungannya dengan aman. Kedua utusan kembali ke Mekah ke Mekah dengan tangan hampa dan memberitahu sikap raja habasyah.















Komentar

Postingan populer dari blog ini

7a_Jawaban Bab 6 Tentang Analisis Data

7a_ Pekan Memperingati Maulid Nabi 2023

7a_Cara Langkah-Langkah Membuat Vidio Di Capcut